Tulisan Siswa

SEBERAPA PENTING BANGUN PAGI

  • Pipin
  • 23 Maret 2021

bagi seorang pelajar bangun pagi itu penting karena banyak nya kegiatan pagi yang harus dilakukan seperti : beribadah di awal waktu. Bagi siswa muslim, bangun pagi lebih awal, tepatnya ketika berkumandang bunyi azan, akan memberi kesempatan untuk melaksanakan ibadah shalat subuh di awal waktu. Kemudian, bisa mengulang pelajaran atau mengerjakan tugas sekolah atau persiapan ulangan di pagi hari itu.

Setelah itu mandi pagi hari sangat penting bagi siswa agar tubuh menjadi bersih dan segar. Setelah menggosok gigi, kemudian mandi dengan sabun sampai bersih dan wangi. Kebersihan tubuh akan menimbulkan rasa percaya diri bagi siswa dalam pergaulan di sekolah, setelah mandi pasti  biasanya sarapan pagi bagi siswa untuk memulai aktivitas belajar di sekolah agar tidak sakit atau lainnya.

Dan terakhir, dengan bangun pagi kita bisa  mempersiapkan perlengkapan sekolah dengan cepat dan tidak tergesa-gesa pergi ke sekolah atau sebaliknya mengurangi kemungkinan untuk datang terlambat di sekolah. Siswa bisa menghindari kemacetan lalu lintas atau hal lainnya yang mungkin terjadi di jalan. Kemudian saat kita datang ke sekolah dan menjadi tugas piket kita tidak perlu khawatir karena kita pergi ke sekolah nya tepat waktu jam piket dan tidak akan dihukum karena tidak piket karena kesiangan. Saat kita memasuki jam pelajaran kita memiliki konsentrasi yang tinggi agar bisa memahami pelajaran tersebut karena sebelum pergi ke sekolah kita sudah sarapan pagi agar kita bisa berkonsentrasi yang bagus.

Bangun jam berapa yang disebut bangun pagi? Yang diartikan bangun pagi merupakan bangun antara jam 4:30 hingga jam 6:00. Terdapat beberapa faktor yang membuat orang susah bangun di pagi hari.  Pertama adalah mutu tidur, perihal ini berfungsi dalam memastikan apakah kalian kesusahan bangun di pagi hari ataupun tidak. Jika kalian tidak tidur dengan nyenyak, kalian akan senantiasa letih, dan tidak peduli seberapa siang kalian bangun.

Kedua, kurang minum air putih, susah bangun pagi pula dapat berarti kalian kurang minum air putih. Para pakar merekomendasikan mengawali hari dengan segelas air putih saat sebelum kalian minum kopi ataupun makan pagi.

Ketiga, aspek genetik, bagi suatu riset dari 23andMe yang diterbitkan dalam harian Nature Communications, aspek genetik adalah salah satu aspek kenapa sebagian orang merasa susah buat bangun pagi hari. Siaran pers tentang riset ini memberi tahu kalau para periset mengenali 15 posisi dalam DNA manusia yang terpaut dengan" morningness," yang dikira terpaut dengan tidak bisa tidur serta permasalahan tidur yang lain.

Saat sebelum Kamu dapat bangun lebih pagi, Kamu wajib ketahui dahulu apa yang terjadi dikala Kamu tidur malam. Kala tidur, badan Kamu melewati 4 hingga 6 siklus, yang umumnya kerap disebut sebagai “siklus tidur”. Tiap siklus terdiri dari 5 tingkatan. Tingkatan 1 merupakan disaat Kamu baru hendak jatuh tertidur, sebaliknya tingkatan 4 merupakan tingkatan dikala Kamu tertidur pulas. Tingkatan- tingkatan tersebut dilengkapi dengan tingkatan “rapid eye movement”, tingkatan di mana umumnya Kamu bermimpi.

Jika Kamu harus bangun tidur disaat berada di level 3 ataupun 4, pasti akan sangat sulit, karena di level seperti itu Kamu lagi tidur dengan pulas-pulasnya. Karena sebab itulah sangat sulit jika Kamu wajib bangun sangat pagi.

Tiap siklus tidur umumnya memakan waktu sekitar 90 menit. Yang maksudnya, bila Kamu kalkulasikan dengan total jumlah siklus yang terjadi sepanjang Kamu tidur, Kamu memerlukan kurang lebih 7,5 jam buat tidur malam tiap harinya. Namun demikian, ada pula orang yang cuma memerlukan 6 jam buat tidur, tetapi ada pula yang sampai 9 jam. Perihal ini diakibatkan siklus tidur tiap orang berbeda-beda, ada yang memerlukan waktu dekat 90 menit, namun ada pula yang butuh waktu 2 jam.

Jadi, apa yang harus Kamu jalani biar lebih gampang bangun di pagi hari? Pertama-tama, ketahuilah alasan Kamu butuh bangun pagi, Ketahuilah jam tidur badan kamu, Cobalah melatonin, Matikan segala lampu saat sebelum tidur, Menyalakan lampu begitu kamu bangun di pagi hari, atur aktivitas kamu di malam hari, buatlah Kamu sulit buat mematikan jam alarm Kamu, senantiasa bangun pagi dikala libur serta evaluasi jam tidur Kamu tiap minggu.

Bangun pagi mempunyai banyak khasiat seperti: membuat orang lebih sukses, orang yang bangun pagi lebih senang dan lebih produktif, membuat mental lebih sehat serta positif, menolong pola makan lebih sehat, baik buat kesehatan kulit, jadi lebih aktif, lebih gampang berkonsentrasi, memiliki lebih banyak waktu buat berolahraga, melancarkan peredaran darah, otak berperan optimal, menyehatkan paru paru serta jantung, melindungi kesehatan tulang, menyembuhkan penyakit osteomalacia serta mempunyai mood yang bagus.

Jadi mari sadarkan diri kamu supaya dapat bangun pagi saat sebelum mata hari terbit, sebab bangun pagi itu mengasyikkan, kita dapat santai serta memiliki banyak waktu luang.

AKM DARI SUDUT PANDANG SISWA
  • 24 Maret 2021
Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan salah satu Asesmen Nasional yang sedang digalang oleh pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk menggantikan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Asesmen Nasional sebenarnya terdiri dari tiga bagian yaitu ...
SEBERAPA PENTING BANGUN PAGI
  • 23 Maret 2021
bagi seorang pelajar bangun pagi itu penting karena banyak nya kegiatan pagi yang harus dilakukan seperti : beribadah di awal waktu. Bagi siswa muslim, bangun pagi lebih awal, tepatnya ketika berkumandang bunyi azan, akan ...
PENTINGNYA KEPEMIMPINAN DAN KESUKARELAWANAN PEMUDA
  • 18 Maret 2021
Menurut Pasal 1 Angka 1  UU No. 40 Tahun 2009, pemuda adalah warga negara Indonesia yang memasuki periode penting pertumbuhan dan perkembangan yang berusia 16 sampai 30 tahun. Pemuda adalah individu yang bila dilihat secara ...
PJOK DI MASA PANDEMI
  • 16 Maret 2021
Olahraga atau aktivitas fisik sebagai bagian dari Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga kesehatan. Beberapa hasil penelitian juga menunjukkan bahwa olahraga atau aktivitas fisik dapat mencegah terjadinya ...
PENENTUAN JURUSAN KULIAH DAN PENGARUHNYA
  • 12 Maret 2021
Tahun pelajaran 2020/2021 akan segera berakhir. Itu menandakan pembelajaran untuk siswa kelas XII SMA/SMK juga akan segera berakhir.Ini berarti mereka akan berada di persimpangan jalan, antara melanjutkan pendidikan atau tidak. Karena tidak semua orang ...
JADI PENGURUS OSIS ITU CAPEK TAPI KEREN
  • 10 Maret 2021
Organisasi Siswa Intra Sekolah atau yang lebih sering disebut OSIS adalah bagian penting dalam sistem pendidikan di Indonesia. Yang pernah sekolah SMP/SMA pastilah mengenal OSIS. Semua siswa SMP/SMA otomatis menjadi anggota OSIS, tetapi tidak ...