Tulisan Siswa

PENTINGNYA KEPEMIMPINAN DAN KESUKARELAWANAN PEMUDA

  • Salma Khoirunnisa
  • 18 Maret 2021

Menurut Pasal 1 Angka 1  UU No. 40 Tahun 2009, pemuda adalah warga negara Indonesia yang memasuki periode penting pertumbuhan dan perkembangan yang berusia 16 sampai 30 tahun.


Pemuda adalah individu yang bila dilihat secara fisik sedang mengalami perkembangan dan secara psikis sedang mengalami perkembangan emosional, sehingga pemuda merupakan sumber daya manusia pembangunan baik saat ini maupun masa datang. Sebagai calon generasi penerus yang akan menggantikan generasi sebelumnya.


Pemuda-pemuda generasi sekarang sangat berbeda dengan generasi terdahulu dari segi pergaulan atau sosialisasi, cara berpikir, dan cara menyelesaikan masalah. Pemuda-pemuda zaman dahulu lebih berpikir secara rasional dan jauh ke depan. Dalam arti, mereka tidak asal dalam berpikir maupun bertindak, tetapi mereka merumuskannya secara matang dan mengkajinya kembali dengan melihat dampak-dampak yang akan muncul dari berbagai aspek.


Sebagai generasi pemuda yang memiliki jiwa kepemimpinan kita harus bisa menggunakan kepandaian untuk menggerakkan diri, organisasi, dan masyarakat. Mungkin muncul beberapa pertanyaan di pikiran pemuda-pemudi Indonesia. Bagaimana saya bisa menjadi pemimpin? Ada beberapa dasar kepemimpinan yaitu, bersikap tegas, bertanggung-jawab, disiplin, menentukan prioritas kehidupan, membangun kepercayaan (trust), dan membentuk atau mempertajam visi.


Seorang pemimpin harus memastikan dari awal bahwa semua anggota timnya memahami maksud dan tujuan organisasi. Apa visi dan misi organisasi harus sudah terinternalisasi di diri masing-masing anggota. Semua kebijakan, keputusan, informasi atau berita apapun yang dibuat oleh pemimpin terkait kebaikan organisasi harus dikomunikasikan dengan baik kepada semua anggota organisasi.


Adanya komunikasi yang efektif didasari dengan adanya saling percaya antara pihak-pihak yang terlibat dalam komunikasi tersebut; dalam hal ini antara pemimpin dengan anggota organisasinya. Penentuan arah tujuan organisasi sudah dibuat, kemudian dikomunikasikan dan komunikasinya dibangun di atas kepercayaan.


Lalu bagaimana kualitas pemuda Indonesia? Kualitas pemuda Indonesia dapat dilihat dari capaian pendidikan dan kesehatan. Pendidikan merupakan kunci dari kesejahteraan suatu  bangsa. Investasi yang paling besar dalam pembangunan dan kemajuan negara adalah sumber daya manusia yang ada di dalamnya.


Kemudian, pembangunan di bidang kesehatan juga merupakan bagian penting dari pembangunan nasional. Sebagai penggerak pembangunan, pemuda harus selalu  berada dalam kondisi sehat. Hal tersebut diperlukan agar pemuda dapat mengembangkan diri dan mengelola berbagai sumber daya pembangunan untuk kepentingan masyarakat dan negara. Seorang pemuda harus sadar bahwa masa depan dan kepemimpinan negara berada di tangannya.


Apa yang membuat seseorang disebut pemimpin? Syaratnya hanya satu, jika dan hanya jika ada yang mengikuti secara sukarela. If you have no followers, you are no leader. Jika orang tidak mengikuti Anda berarti Anda bukan pemimpin.



Untuk menjadi pemuda yang berkualitas tentu saja kita harus melakukan semua hal kepemimpinan dengan bersifat kesukarelaan.  Sifat kesukarelaan itu sangat penting, karena pemimpin sesungguhnya adalah menjadi seseorang yang sanggup membuat orang lain secara sukarela dan yakin mengikuti dia. Pemimpin yang memiliki sifat kesukarelaan tentu sudah menumbuhkan sikap kepercayaan yang baik. Untuk melahirkan atau menciptakan seorang pemimpin memanglah tidak semudah yang difikirkan.


Tantangan zaman yang terus berkembang  dan di hadapi saat ini  dan di masa depan menuntut para pemuda Indonesia terus belajar serta berusaha untuk  mengasah  dan membina jiwa kepemimpinannya. Indonesia tidak akan selamanya bergantung pada generasi tua yang saat ini sedang memegang tampuk kepemimpinan negeri ini. Suatu saat tongkat estafet kepemimpinan pasti akan mereka berikan pada generasi muda. Oleh karena itu, generasi muda saat ini dituntut untuk mengoptimalisasikan semua peran, pemikiran, dan potensinya dalam mempersiapkan diri demi kemajuan Indonesia di masa depan. Intinya lakukan semua hal dengan ikhlas, semaksimal mungkin, dan sesuai kemampuan masing-masing.


 

AKM DARI SUDUT PANDANG SISWA
  • 24 Maret 2021
Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan salah satu Asesmen Nasional yang sedang digalang oleh pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk menggantikan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Asesmen Nasional sebenarnya terdiri dari tiga bagian yaitu ...
SEBERAPA PENTING BANGUN PAGI
  • 23 Maret 2021
bagi seorang pelajar bangun pagi itu penting karena banyak nya kegiatan pagi yang harus dilakukan seperti : beribadah di awal waktu. Bagi siswa muslim, bangun pagi lebih awal, tepatnya ketika berkumandang bunyi azan, akan ...
PENTINGNYA KEPEMIMPINAN DAN KESUKARELAWANAN PEMUDA
  • 18 Maret 2021
Menurut Pasal 1 Angka 1  UU No. 40 Tahun 2009, pemuda adalah warga negara Indonesia yang memasuki periode penting pertumbuhan dan perkembangan yang berusia 16 sampai 30 tahun. Pemuda adalah individu yang bila dilihat secara ...
PJOK DI MASA PANDEMI
  • 16 Maret 2021
Olahraga atau aktivitas fisik sebagai bagian dari Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga kesehatan. Beberapa hasil penelitian juga menunjukkan bahwa olahraga atau aktivitas fisik dapat mencegah terjadinya ...
PENENTUAN JURUSAN KULIAH DAN PENGARUHNYA
  • 12 Maret 2021
Tahun pelajaran 2020/2021 akan segera berakhir. Itu menandakan pembelajaran untuk siswa kelas XII SMA/SMK juga akan segera berakhir.Ini berarti mereka akan berada di persimpangan jalan, antara melanjutkan pendidikan atau tidak. Karena tidak semua orang ...
JADI PENGURUS OSIS ITU CAPEK TAPI KEREN
  • 10 Maret 2021
Organisasi Siswa Intra Sekolah atau yang lebih sering disebut OSIS adalah bagian penting dalam sistem pendidikan di Indonesia. Yang pernah sekolah SMP/SMA pastilah mengenal OSIS. Semua siswa SMP/SMA otomatis menjadi anggota OSIS, tetapi tidak ...