Tulisan Siswa

PENENTUAN JURUSAN KULIAH DAN PENGARUHNYA

  • Hanifah Fitria
  • 12 Maret 2021

Tahun pelajaran 2020/2021 akan segera berakhir. Itu menandakan pembelajaran untuk siswa kelas XII SMA/SMK juga akan segera berakhir.Ini berarti mereka akan berada di persimpangan jalan, antara melanjutkan pendidikan atau tidak. Karena tidak semua orang beruntung dapat melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi.

Sebelum memasuki pendidikan yang lebih tinggi, para siswa akan memilih/menentukan jurusan kuliah yang diinginkan.Menentukan jurusan kuliah sangatlah penting. Tujuannya agar kita tahu keinginan dan minat kita di bidang apa saja, selain itu menentukan jurusan dapat menentukan nasib hidup di masa mendatang. Kenapa demikian, karena ilmu yang di dapatkan saat kuliah juga bisa menentukan kehidupan setelah lulus nanti. Dengan kata lain bisa mendapatkan peluang pekerjaan yang sesuai dengan jurusan yang kita pilih.

Selain mengacu pada peluang pekerjaan, penentuan jurusan kuliah juga berpengaruh pada keseriusan saat kuliah. Karena banyak sekali dampak ketika salah memilih jurusan seperti prestasi yang tidak optimum, kesulitan memahami materi dan ketidakmampuan untuk mandiri dalam belajar. Penentuan jurusan kuliah tidak menjamin karir seseorang di masa depan, tetapi dengan pemilihan jurusan yang tepat bisa mempermudah kita saat memahami materi perkuliahan. Karena sangat beruntung jika nanti bisa bekerja sesuai dengan jurusan yang dipilih ketika kuliah.

Ada beberapa pertimbangan yang digunakan dalam memilih jurusan kuliah. Pertama, minat dan hobi akan membuat kita senang sehingga bisa menikmati dunia perkuliahan nanti dan tentu saja memiliki penyesuaian yang baik kedepannya.

Kedua, kenali potensi diri sendiri. Akan lebih baik jika minat dan hobi di sertai dengan kemampuan yang baik. Itulah pentingnya mengenali potensi diri sendiri. Karena setiap orang memiliki potensi yang berbeda-beda. Sebagai contoh, ada orang yang mahir dalam berhitung, tapi kesulitan dalam menggambar atau juga sebaliknya. Kita mungkin saja bisa berhasil menekuni minat tersebut, tapi proses untuk mencapainya akan sedikit mengalami kesulitan. Hanya diri kita sendiri yang tau akan minat dan potensi yang kita miliki. Dengan begitu kita bisa tahu apa yang kita inginkan dan sesuai dengan apa yang kita mau. Jadi memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan minat dan potensi diri yang baik termasuk piliha yang tepat.

Ketiga, peluang karir. Kenapa peluang karir? Karena setiap orang tentu ingin memilih jurusan kuliah dan pekerjaannya yang menjanjikan di masa depan. Hal tersebut memang tidak salah mengingat setiap orang harus cemat dalam menentukan karir dan taraf hidup di masa yang akan datang. Kita juga harus memperhitungkan apakah peluang pekerjaan itumembutuhkan banyak sumber daya mansianya? Apakah pekerjaan itu sesuai dengan lingkungan sosial? Sebelum menentukan jurusan kuliah, kita harus mencari tahu terlebih dahulu tentang pekerjaannya di masa yang akan datang. Pastikan kalau jurusan yang kita pilih memiliki peluang karir yang cerah setelah lulus nanti.

Keempat, sesuaikan dengan kemampuan finansial. Salah satu masalah yang harus dipertimbangkan adalah masalah finansial. Ada baiknya kita analisis terlebih dahulu kira-kira berapa biaya kuliah per semesternya. Karena tidak hanya biaya per semester saja yang harus di bayar, kita juga pasti membutuhkan biaya hidup, biaya praktikum, uang saku, dan lain-lain. Sebaiknya lakukan perhitungan terlebih dahulu tujuannya agar nanti orang tua bisa mengetahui berapa perkiraan dana yang harus di keluarkan. Walaupun di jaman sekarang banyak sekali beasiswa yang bisa kita dapatkan, beruntung jika mendapatkan beasiswa kuliah sehingga bisa sedikit mengurangi beban orang tua.

Kelima, sesuaikan dengan keunggulan perguruan tinggi. Maksud dari keunggulan perguruan tinggi ini sendiri artinya meskipun kita memilih perguruan tinggi dengan rangking yang tinggi, tetapi belum tentu memiliki jurusan kuliah yang diunggulkan. Jika kita mentargetkan perguruan tinggi tertentu, kita juga harus memperhatikan jurusan apa yang diunggulkan di perguruan tinggi tersebut. Biasanya kualitas lulusan juga menjadi pertimbangan perusahaan dalam memutuskan calon pekerjanya. Kualitas yang dimaksud ini sendiri mengacu kepada akreditasi jurusan yang dimiliki oleh tiap perguruan tinggi. Jadi, alangkah baiknya kita jangan hanya melihat akreditas perguruan tingginya, tetapi jurusannya. Apakah jurusan tersebut memiliki akreditas yang baik atau tidak. Akreditasi yang buruk bisa memungkinkan kita kesulitan dalam mencari pekerjaan nanti. Itulah beberapa pertimbangan dalam memilih jurusan kuliah.

Sukses itu tidak bisa kamu dapatkan secara kebetulan, ia terbentuk dari sebuah pengorbanan, pembelajaran, dan ketekunan. Cintai apa yang sedang kamu kerjakan demi kesuksesan di masa depan.

AKM DARI SUDUT PANDANG SISWA
  • 24 Maret 2021
Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan salah satu Asesmen Nasional yang sedang digalang oleh pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk menggantikan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Asesmen Nasional sebenarnya terdiri dari tiga bagian yaitu ...
SEBERAPA PENTING BANGUN PAGI
  • 23 Maret 2021
bagi seorang pelajar bangun pagi itu penting karena banyak nya kegiatan pagi yang harus dilakukan seperti : beribadah di awal waktu. Bagi siswa muslim, bangun pagi lebih awal, tepatnya ketika berkumandang bunyi azan, akan ...
PENTINGNYA KEPEMIMPINAN DAN KESUKARELAWANAN PEMUDA
  • 18 Maret 2021
Menurut Pasal 1 Angka 1  UU No. 40 Tahun 2009, pemuda adalah warga negara Indonesia yang memasuki periode penting pertumbuhan dan perkembangan yang berusia 16 sampai 30 tahun. Pemuda adalah individu yang bila dilihat secara ...
PJOK DI MASA PANDEMI
  • 16 Maret 2021
Olahraga atau aktivitas fisik sebagai bagian dari Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga kesehatan. Beberapa hasil penelitian juga menunjukkan bahwa olahraga atau aktivitas fisik dapat mencegah terjadinya ...
PENENTUAN JURUSAN KULIAH DAN PENGARUHNYA
  • 12 Maret 2021
Tahun pelajaran 2020/2021 akan segera berakhir. Itu menandakan pembelajaran untuk siswa kelas XII SMA/SMK juga akan segera berakhir.Ini berarti mereka akan berada di persimpangan jalan, antara melanjutkan pendidikan atau tidak. Karena tidak semua orang ...
JADI PENGURUS OSIS ITU CAPEK TAPI KEREN
  • 10 Maret 2021
Organisasi Siswa Intra Sekolah atau yang lebih sering disebut OSIS adalah bagian penting dalam sistem pendidikan di Indonesia. Yang pernah sekolah SMP/SMA pastilah mengenal OSIS. Semua siswa SMP/SMA otomatis menjadi anggota OSIS, tetapi tidak ...