Tulisan Siswa

JADI PENGURUS OSIS ITU CAPEK TAPI KEREN

  • Zio Eldi Mahdian
  • 10 Maret 2021

Organisasi Siswa Intra Sekolah atau yang lebih sering disebut OSIS adalah bagian penting dalam sistem pendidikan di Indonesia. Yang pernah sekolah SMP/SMA pastilah mengenal OSIS. Semua siswa SMP/SMA otomatis menjadi anggota OSIS, tetapi tidak semua siswa teresebut berkesempatan menjadi pengurusnya.

Oleh pemerintah, OSIS dibentuk dengan tujuan pokok: menghimpun ide, pemikiran, bakat, kreativitas, serta minat para siswa ke dalam salah satu wadah yang bebas dari berbagai macam pengaruh negative dari luar sekolah. Mendorong sikap, jiwa dan semangat kasatuan dan persatuan di antara para siswa, sehingga timbul satu kebanggaan untuk mendukung peran sekolah sebagai tempat terselenggaranya proses belajar mengajar. Sebagai tempat dan sarana untk berkomunikasi, menyampaikan pemikiran, dan gagasan dalam usaha untuk mematangkan kemampuan berpikir, wawasan, dan pengambilan keputusan.

Sebagai ketua OSIS terpilih di SMA Negeri 1 Damar untuk periode 2020/2021, tugas saya sebagai ketua adalah : Memimpin organisasi dengan baik dan bijaksana; Mengkoordinasikan semua aparat kepengurusan; Menetapkan kebijaksanaan yang telah dipersiapkan dan direncanakan oleh aparat kepengurusan; Memimpin rapat; Menetapkan kebijaksanaan dan mengambil keputusan berdasarkan musyawarah dan mufakat; Setiap saat mengevaluasi kegiatan aparat kepengurusan

Buat yang pernah atau sedang menjadi pengurus OSIS, pasti kalian pernah merasakan positif dan negatifnya ikut berorganisasi . Hal positif yang insya Allah akan ditemukan oleh para pengurus OSIS adalah kepuasan diri dan kesenangan batin yang susah diukur dengan materi. Karena dengan menjadi pengurus OSIS berarti kita diberikan kepercayaan yang lebih dari pihak sekolah dan teman-teman sekolah untuk berbuat banyak hal positif demi mengharumkan nama baik sekolah. Jika keinginan pihak sekolah dan teman-teman tersebut dapat diwujudkan maka tentu saja ada nilai kebanggaan dan kepuasan tersendiri di sana. Nama kita akan dikenang oleh teman-teman dan juga guru sebagai siswa yang aktif berorganisasi dan mampu berprestasi maksimal.

Namun ternyata sisi negatifnya juga ada. Seperti ketidakmampuan membagi waktu antara organisasi dan pelajaran sehingga membuat nilai-nilai para pengurus OSIS merosot tajam. Para pengurus OSIS kadang selalu diidentikkan dengan kata “sesuruhan guru” alias suka disuruh-suruh guru bekerja ini itu, ambil ini itu, kerjakan ini dan seterusnya setiapkali ada acara atau kegiatan di sekolah. Kemudian adanya keluhan dari para orangtua yang merasa anaknya jarang ada di rumah atau sering terlambat pulang ke rumah dengan alasan sedang rapat OSIS atau beralasan sedang sibuk dengan kegiatan OSIS. Belum lagi masalah masih adanya sejumlah guru yang kurang senang dengan para pengurus OSIS yang minta izin keluar kelas (alias tidak mengikuti pelajaran) dengan alasan harus  mengikuti rapat atau sedang ada kegiatan OSIS lainnya. Sisi negatif lainnya adalah masih adanya pengurus OSIS yang suka memanfaatkan jabatan atau kedudukannya selaku pengurus OSIS untuk menghindari kewajiban mengikuti pelajaran dalam kelas terutama mata pelajaran tertentu yang dianggapnya membosankan dengan cara beralasan sedang rapat atau sedang ada kegiatan OSIS, padahal hanya sekedar kumpul-kumpul bercanda dan ngobrol di ruang sekretariat OSIS.

Sebagai pengurus OSIS yang sedang aktif, ada beberapa manfaat yang saya dapat sebagai pengurus, diantaranya : melatih tanggung jawab, belajar menyelesaikan masalah, melatih kemampuan komunikasi, membuka wawasan dan pengalaman baru, serta memperbanyak relasi.

Saat mengikuti organisasi, kita pasti akan dilatih untuk memimpin atau menyelesaikan sesuatu yang menjadi agenda dari organisasi. Nah, saat diberikan tugas seperti itu, cobalah untuk enggak menghindar. Justru, dengan belajar menerima tugas dan tanggung jawab dari organisasi, kita bisa terus melatih kemampuan untuk berkoordinasi, mempimpin, serta memperkaya rasa tanggung jawab terhadap sesama.

Meski masalah akan selalu ditemukan saat kita ikut sebuah kegiatan organisasi, jangan melihat itu sebagai beban berat yang tidak bisa diselesaikan. Selalu percaya bahwa di setiap masalah pasti ada jalan keluarnya.Dengan banyaknya orang yang terlibat dalam sebuah organisasi, kita tentu bisa belajar bertukar pikiran dengan yang lainnya saat menghadapi suatu masalah. Selain bisa mengetahui cara pandang orang, di situ juga kita bisa belajar lebih tentang tata cara penyelesaian masalah.

Dengan banyaknya koordinasi yang harus dilakukan, organisasi adalah tempat kita untuk melatih kemampuan komunikasi.Enggak cuma soal komunikasi dalam soal pekerjaan, tapi juga dalam soal komunikasi sehari-hari. Misalnya, bagaimana cara membangun suasana yang asyik dan menyenangkan agar grup yang kamu pimpin bisa terus kerja dengan maksimal.

Beragam kegiatan yang dilakukan di organisasi akan membuat wawasan kita terbuka terhadap hal-hal yang mungkin sebelumnya belum pernah kita ketahui. Karena selalu dihadapkan dengan sesuatu yang baru, hal tersebut juga tentunya akan menambah pengalaman kita dalam menangani hal yang sama di waktu yang akan datang.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa lewat organisasi, kita bakal bisa menambah relasi. Dengan cara kerja organisasi yang enggak selalu bisa berjalan sendiri, akan selalu ada kesempatan untuk berhubungan dan menjalin kolaborasi dengan pihak lain. Setelah mendapatkan kenalan baru, coba untuk terus jaga baik hubungannya, ya! Enggak ada yang tau kalau di waktu yang akan datang, orang itu bakal jadi rekan bisnis kita.

Jadi, kalau ada kesempatan buat jadi pengurus OSIS, jangan ragu mengambilnya. Di sisi lain, kamu juga tetap harus menjaga kualitas belajar akademik kamu. Bagi waktu sebaik mungkin agar nilai pelajaran nggak terbengkalai karena sibuk OSIS.

AKM DARI SUDUT PANDANG SISWA
  • 24 Maret 2021
Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan salah satu Asesmen Nasional yang sedang digalang oleh pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk menggantikan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Asesmen Nasional sebenarnya terdiri dari tiga bagian yaitu ...
SEBERAPA PENTING BANGUN PAGI
  • 23 Maret 2021
bagi seorang pelajar bangun pagi itu penting karena banyak nya kegiatan pagi yang harus dilakukan seperti : beribadah di awal waktu. Bagi siswa muslim, bangun pagi lebih awal, tepatnya ketika berkumandang bunyi azan, akan ...
PENTINGNYA KEPEMIMPINAN DAN KESUKARELAWANAN PEMUDA
  • 18 Maret 2021
Menurut Pasal 1 Angka 1  UU No. 40 Tahun 2009, pemuda adalah warga negara Indonesia yang memasuki periode penting pertumbuhan dan perkembangan yang berusia 16 sampai 30 tahun. Pemuda adalah individu yang bila dilihat secara ...
PJOK DI MASA PANDEMI
  • 16 Maret 2021
Olahraga atau aktivitas fisik sebagai bagian dari Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga kesehatan. Beberapa hasil penelitian juga menunjukkan bahwa olahraga atau aktivitas fisik dapat mencegah terjadinya ...
PENENTUAN JURUSAN KULIAH DAN PENGARUHNYA
  • 12 Maret 2021
Tahun pelajaran 2020/2021 akan segera berakhir. Itu menandakan pembelajaran untuk siswa kelas XII SMA/SMK juga akan segera berakhir.Ini berarti mereka akan berada di persimpangan jalan, antara melanjutkan pendidikan atau tidak. Karena tidak semua orang ...
JADI PENGURUS OSIS ITU CAPEK TAPI KEREN
  • 10 Maret 2021
Organisasi Siswa Intra Sekolah atau yang lebih sering disebut OSIS adalah bagian penting dalam sistem pendidikan di Indonesia. Yang pernah sekolah SMP/SMA pastilah mengenal OSIS. Semua siswa SMP/SMA otomatis menjadi anggota OSIS, tetapi tidak ...